Kamis, 09 Juni 2011

Tak Mudah Untuk Finish di Silverstone

Preview MotoGP 2011 Seri ke-6: Silverstone, Inggris
ITGP – Seri Catalunya akhir pakan lalu hanya diikuti oleh 15 rider. Grid MotoGP Silverstone yang akan berlangsung akhir pekan ini kemungkinan juga kembali hanya akan dihuni oleh 15 rider bahkan mungkin juga kurang. Di atas kertas, jika kelima belas rider itu mampu finish saja berarti mereka layak mendapat poin. Namun nyatanya, ‘hanya’ sekedar finish pun susah di MotoGP.
Silverstone Circuit Asal Finish, Ternyata Nggak Gampang

Dari lima seri yang sudah berlangsung di musim 2011 ini, belum sekalipun kelas MotoGP mendapat 15 finisher. Empat seri berakhir dengan hanya 13 rider yang finish dan satu seri (Jerez) dengan hanya 12 rider. Bagaimana dengan Silverstone?
Kita tentu sangat tidak berharap daftar rider MotoGP yang mengalami cedera terus bertambah. Namun sebagai sirkuit yang baru kembali digunakan di ajang MotoGP sejak musim 2010 lalu, Silverstone masih menyimpan potensi untuk memakan korban. Tahun lalu beberapa rider mangalami kecelakaan di sirkuit ini, salah satunya yang paling parah adalah Hiroshi Aoyama.
Saat balapan berlangsung di sirkuit yang tergolong “baru”, maka peta kekuatan para rider di Silverstone masih belum begitu tampak jelas. Tahun lalu Yamaha begitu berjaya disini. Jorge Lorenzo meraih pole position sekaligus memenangkan balapan. Sementara Ben Spies yang saat itu masih bergabung dengan team Yamaha Tech 3 untuk pertama kalinya naik podium MotoGP. Sedangkan Honda masih bisa mewakilkan Andrea Dovizioso di podium ke-2 saat rekan satu teamnya, Dani Pedrosa tak mampu tampil sempurna pasca mengalami kecelakaan di sesi kualifikasi dan warm-up.
Tapi lain dulu lain sekarang. Mungkin saja, mengingat begitu perkasanya RC212V terutama di tangan Casey Stoner. Dan mengingat begitu sempitnya jarak antara seri Catalunya dengan Silverstone maka kemungkinan besar pula kondisinya tidak akan jauh berbeda.
Di GP Inggris kita akan bisa melihat apakah Casey dan Dovizioso mampu menaklukkan lawan-lawannya dari kubu non Honda juga lawannya dari sesama Honda, Marco Simoncelli. Rider kribo ini sekali lagi akan berjuang untuk meraih podium pertamanya di kelas primer.
Kita juga bisa melihat apakah progres yang cukup menggembirakan team Yamaha Factory Racing di Catalunya hanya kebetulan belaka atau memang mereka sudah melakaukan perbaikan hingga mampu mengulangi hasil terbaik layaknya musim lalu.
Bagaimana dengan Ducati? Tahun lalu Nicky Hayden mampu finish ke-4 di depan Stoner. Musim ini semoga saja Kentucky Kid kembali bisa bersaing di barisan depan. Sedangkan untuk Valentino Rossi, publik tentu kembali menanti kejutan darinya. Tidak ketinggalan patut juga dinanti aksi satu-satunya rider tuan rumah, Cal Crutchlow.

0 komentar:

Blog Archive

Berita Populer

Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Cari Di Blog

About Me

Foto Saya
Rennaisans25
Rennaisans..., berharap sebuah perubahan di masa depan.
Lihat profil lengkapku

MotoGP World Standing 2011

1 Casey STONER Honda AUS 218 Point
2 Jorge LORENZO Yamaha SPA 186 Point
3 Andrea DOVIZIOSO Honda ITA 163 Point
4 Valentino ROSSI Ducati ITA 118 Point
5 Dani PEDROSA Honda SPA 110 Point
6 Ben SPIES Yamaha USA 109 Point
7 Nicky HAYDEN Ducati USA 103 Point
8 Marco SIMONCELLI Honda ITA 76 Point
9 Colin EDWARDS Yamaha USA 75 Point
10 Hiroshi AOYAMA Honda JPN 70 Point
11 Hector BARBERA Ducati SPA 62 Point
12 Karel ABRAHAM Ducati CZE 46 Point
13 Toni ELIAS Honda SPA 43 Point
14 Alvaro BAUTISTA Suzuki SPA 39 Point
15 Cal CRUTCHLOW Yamaha GBR 34 Point
16 Loris CAPIROSSI Ducati ITA 29 Point
17 Randy DE PUNIET Ducati FRA 19 Point
18 John HOPKINS Suzuki USA 6 Point
19 Kousuke AKIYOSHI Honda JPN 3 Point

Next Race : 28 August, United States ,Indianapolis